MANFAAT POHON ANGSANA

Manfaat Pohon Angsana
========================








Dalam bahasa sehari-hari, pohon angsana yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan pohon ini banyak dikenal sebagai pohon sonokembang. Pohon tersebut merupakan jenis pohon yang banyak dijadikan sebagai peneduh. Sekilas jika diperhatikan, tanaman ini memang terlihat indah. Terlebih jika ditanam di dekat pagar rumah. Angsana memiliki warna pohon yang kemerah-merahan. Berat pohonnya juga lumayan. Banyak orang yang menjadikan pohon ini sebagai bahan baku dalam industry mebel. Umumnya, pohon angsana memiliki bentuk yang majemuk disertai dengan 5-13 anak daun yang berbulu serta panjang yang mencapai 12-30 cm. untuk pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai 40 meter. Pohon angsana, disetiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda. Pohon tersebut tidak hanya ada di Indonesia. Jika diteliti, sebenarnya pohon ini memiliki manfaat yang sangat beragam. Tidak hanya daunnya, namun kayu dan getahnya. Banyak orang yang menggunakan manfaat angsana ini untuk kebutuhan sehari-hari. Diantara yang cukup banyak memberi manfaat adalah getah angsana.




Berdasarkan penelitian yang dilakukan, getah angsana tidak hanya bermanfaat dalam hal industri atau tekstil saja, namun juga efektif falam bidang kesehatan. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh para dokter bahwa orang yang menderita penyakit tertentu bisa sembuh dengan menggunakan getah dari angsana. Berikut beberapa manfaat dan khasiat getah angsana untuk kesehatan…
1. Mampu Mengatasi Penyakit Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang cukup sering menyerang manusia. Penyakit ini bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Saat mengobati diare, Anda bisa menggunakan cara medis resmi dari dokter, namun bisa juga menggunakan cara yang alami. Salah satu cara alami yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan getah angsana. Getah angsana sangat baik dalam mengobati masalah diare.
2. Membantu Menurunkan Demam

Demam seringkali menyerang manusia dan tak kunjung sembuh. Ada banyak indikasi penyakit yang ditandai dengan demam. Nah, untuk membantu mengatasi masalah demam, Anda bisa menggunakan getah angsana. Getah angsana memiliki sifat anti-piretik yang sangat ampuh dalam membantu menurunkan demam.
3. Membantu Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut tentu tidak hanya mengganggu Anda, namun juga membuat orang yang ada di sekitar menjadi tidak nyaman. Anda tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan getah angsana untuk mengatasinya. Hal tersebut disebabkan karena getah angsana mengandung anti-bakteri yang ampuh dalam membunuh berbagai kuman yang membandel di dalam mulut.
4. Membantu Mengatasi Bisul

Manfaat lain yang dimiliki oleh getah angsana adalah kemampuannya dalam membantu mempercepat penuaan pada bisul. Bisul adalah salah satu penyakit sejenis tumor ringan yang kerap menyerang tubuh manusia dan meninggalkan rasa sakit pada penderita. Getah angsana memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengatasi masalah tersebut.
5. Membantu Menyembuhkan Luka

Selain beberapa hal di atas, getah angsana sendiri memiliki beberapa manfaat lain, salah satunya adalah mampu menyembuhkan luka. Baik itu luka biasa ataupun luka bakar. Dengan menggunakan getah angsana, luka bakar Anda akan segera pulih.
6. Membantu Mengatasi Sariawan

Sariawan memang tergolong penyakit ringan yang menyiksa. Sariawan membuat orang tidak mood saat melakukan aktifitas, sekalipun itu untuk masalah bisnis. Oleh karena itu, sariawan perlu diobati sedini mungkin. Diantaranya adalah dengan menggunakan getah angsana secara teratur.
7. Membantu Mengatasi Kencing Manis

Kencing manis atau diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan berlebihnya kadar gula darah di dalam tubuh. sebenarnya, mengobati kencing manis tidak harus dengan mengunjungi dokter, cukup dengan menggunakan getah angsana secara teratur akan sembuh dengan sendirinya.
8. Dapat Digunakan Sebagai Pewarna Tekstil Serta Keranjang

Selain beberapa hal di atas, getah angsana memiliki getah yang warnanya merang kino. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pewarna yang alami. Dengan menggunakan pewarna yang alami, tentu hasil warnanya akan lebih bagus dan menarik.
9. Bermanfaat Dalam Pembuatan Mebel

Sebagaimana diketahui bahwa getah-getah yang dihasilkan dari kayu banyak yang bermanfaat untuk pembuatan mebel dan lain sebagainya. Salah satunya adalah getah pohon angsana. Getah pohon ini bisa dijadikan sebagai bahan mebel yang berkualitas.
10. Dapat Dijadikan Sebagai Bahan Kerajinan Tangan

Selain beberapa hal di atas, getah angsana juga bermanfaat untuk melengkapi kerajinan tangan yang ada di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa kerajinan tangan sangat dibutuhkan sebagai hasil dari kreatifitas manusia.

Komentar